Edensor


Edensor,apa pernah mendengarnya,taw tahu dimana letak desa tersebut?.Ya tentu saja,Edensor,adalah sebuah desa kecil yg berada di kota Derbyshire,Inggris.Awalnya saya juga tidak pernah mendengar desa tersebut,namun saya tertarik untuk mengetahui,dan mengenali,desa ygg indah tersebut.Karena hobby saya membaca,kebetulan pada waktu itu sedang booming2x.Novel karya Andera Hirata ,salah satu novelis yg saya gemari,nhe menerbitkan,Tetralogix,dari yg kta tahu,Laskar Pelangi,Sang pemimpi,Endesor,dan yg terakhir Maryamah karvov.

Lalu,kalau tidak salah saya saat itu lagi iseng2,pergi ke t4 penyewaan buku2( seperti komik2,novel,dll).Tak sengaja melihat novel trilogiX Anderea Hirata ,yaitu Edensor.Kemudian tanpa langsung dikomando lagi saya bergegas pulang,untuk memebacax.Lembar2 demi lembar2 saya baca,sungguh saya begitu kagum dengan pengalaman,keteguhan,dan keinginan seoran Ikal yang tidak pernah menyanggka bahwa dia akan kuliah di salah satu universitas terkenal di Paris yaiutu SORBONE.Dengan beasiswa yg dia dapatkan.Saya begitu terlarut cerita demi cerita yg disampaikan oleh sang penulis.

Saya juga terpukau bagaimana sang penulis berjuang belajar menimba ilmu di negeri Mode itu,tidak hanya menimba ilmu dia juga,hampir mengelilingi negara di Eropa sebanyak 32 negara,tanpa berbekal apa pun.Wow amazing bukan,merekax hanya bermodalkan baju2 kostum ikan duyung,nantix untuk menjadi pengamen jalanan.Di Eropa memang pengamen jalanan sangat di hargai,seni sangat di hormati disana. Yah bener saja hanya bermodalkan itu mereka,bisa berkeliling berbagai negara di Eropa.

Semua pengalaman yg dirasakan oleh penulis begitu menarik,saya tidak pernah bosan untuk membacanya,.Bagi saya novel tersebut membangkitkan saya,dan membuka mata saya ,bahwa apapun yg tidak mungkin ,akan menjadi mungkin,jka kita yakin dan bersungguh-sungguh untuk mencapainya,pasti akan dibukakan jalan oleh tuhan.

Kemudian,beliau juga menceritakan bagaimana sebuah desa kecil yg bernama Edensor .Sebenarnya beliau juga,tak menyaka akan pergi kesana.Semuanya hanya kebetulan dosen pembimbingnya,pindah ke negara asalnya,dan mengajar di universitas di negara tersebut.Lalu saya ingat tidak salah sang penulis,pernah menceritakan mengenai,Edensor,namun biasa saja,beliau mendapakantnya dari A Ling seorang gadis,yg diceritakan menjadi cinta pertamax Ikal di novel Laskar Pelangi.

Eeem law tidak salah juga diceritakan,Ikal pergi kesana karna ingin mengunjungi dosenx,yang kebetulan tinggal disana,lalu kemudian karna dosen tersebut,tidak ada di rumah,hanya ada istrinya seorang.Lalu karna takut kelamaan menunggu sang dosenx( maf saya lupa nama dosenx).Ikal di suruh untuk berkeliling di sekitar desa,kata istri beliau bisa menggunakan kereta keliling untuk mengelilingin desa tersebut.Ikal sebelumnya tidak tahu apa nama desa tersebut.

Namun,tanpa dinyana,setelah berkeliling Ikal baru tahu kalau itu desa ygg dulu,pernah di ceritakan A Ling kepadanya,yaiutu Edensor.Desa yg indah,masih asri,tanpa tersentuh globalisasi yg ada,masih asli,dan tak ad angkutan umum yg memebuat polusi udara,di desa itu orang2 memakai ,kereta keliling ,sepeda,dan kereta kuda.Dan Edensor adalah adalah salah 1 novel yang saya sukai,dari berbagai macam novel yg pernah saya baca.

5 responses to “Edensor

  1. Satu pertanyaan mendasar saya…. Ini novel apakah benar – benar sebuah kisah nyata, ataukah sebuah cerita fiksi dengan latar belakang realita, ataukah sebuah kisah nyata yang dibumbui fiksi untuk memunculkan dramatisasi cerita… Tanpa mengurangi kwalitas dari buku ini…

Tinggalkan Balasan

