Besaran dan Satuan


BESARAN DAN SATUAN

Di SMP mungkin kita sudah pernah mempelajari besaran dan satuan secara umum.Akan tetapi sekarang kita akan mempelajrinya lebih dalam lagi.Besaran adalah sesuatu yang dapat diukur dan dinyatakan dengan angka. Pengukuran adalah membandingkan suatu besaran dengan satuan yang dijadikan sebagai patokan. Dalam fisika pengukuran merupakan sesuatu yang sangat vital. Suatu pengamatan terhadap besaran fisis harus melalui pengukuran. Pengukuran-pengukuran yang sangat teliti diperlukan dalam fisika, agar gejala-gejala peristiwa yang akan terjadi dapat diprediksi dengan kuat.

  1. Secara Langsung

Yaitu ketika hasil pembacaan skala pada alat ukur, langsung menyatakan nilai besaran yang diukur, tanpa menggunakan rumus untuk menghitung nilai yang diinginkan.

2. Secara tidak langsung

Yaitu dalam pengukuran memerlukan penghitungan tambahan untuk mendapatkan nilai besaran yang diukur.

Untuk mendaptkan hasil pengukuran yang akurat, faktor yang harus diperhatikan antara lain :

alat ukur yang dipakai

aturan angka penting

posisi mata pengukuran (paralax)

Besaran Fisika sendiri dibagi menjadi 2

  1. Besaran Pokok adalah besaran yang ditentukan lebih dulu berdasarkan kesepatan para ahli fisika. Besaran pokok yang paling umum ada 7 macam yaitu Panjang (m), Massa (kg), Waktu (s), Suhu (K), Kuat Arus Listrik (A), Intensitas Cahaya (cd), dan Jumlah Zat (mol). Besaran pokok mempunyai ciri khusus antara lain diperoleh dari pengukuran langsung, mempunyai satu satuan (tidak satuan ganda), dan ditetapkan terlebih dahulu.
  1. Besaran Turunan adalah besaran yang diturunkan dari besaran pokok. Besaran ini ada banyak macamnya sebagai contoh gaya (N) diturunkan dari besaran pokok massa, panjang dan waktu. Volume (meter kubik) diturunkan dari besaran pokok panjang, dan lain-lain. Besaran turunan mempunyai ciri khusus antara lain : diperoleh dari pengukuran langsung dan tidak langsung, mempunyai satuan lebih dari satu dan diturunkan dari besaran

Tabel besaran pokok

Tabel besaran turunan

B.Dimensi

Dimensi suatu besaran merupakan hubungan antara besaran itu dengan besaran-besaran pokok.Dimensi suatu besaran menunjukkan bagaimana  besaran tersebut tersusun atas besaran-besaran pokok.

Pengertian Satuan

Satuan didefinisikan sebagai pembanding dalam suatu pengukuran besaran. Setiap besaran mempunyai satuan masing-masing, tidak mungkin dalam 2 besaran yang berbeda mempunyai satuan yang sama. Apa bila ada dua besaran berbeda kemudian mempunyai satuan sama maka besaran itu pada hakekatnya adalah sama. Sebagai contoh Gaya (F) mempunyai satuan Newton dan Berat(w) mempunyai satuan Newton. Besaran ini kelihatannya berbeda tetapi sesungguhnya besaran ini sama yaitu besaran turunan gaya.

Angka Penting

Angka penting adalah semua angka yang diperoleh dari hasil pengukuran. Kebanyakan hasil pengukuran berupa angka –angka pecahan ( tidak bulat ).

ATURAN ANGKA PENTING

  1. Angka bukan nol termasuk angka penting ,misal: 14569= 5 angka penting,2546 =4 angka penting
  2. Angka nol di sebelah kanan tanda desimal dan tidak diapit bukan nol bukan angka penting,misal : 25,00= 2 angka penting,25,000= 2 angka penting.
  3. Angka nol yang terletak di sebelah kiri angka bukan nol atau setelah tanda desimal bukan angka penting.Misal : 0,00556= 3 angka penting
  4. Angka nol yang berada di antara angka bukan nol termasuk angka penting.Misal : 0,0005006= 4 angka penting.
  5. Dalam penjumlahan dan pengurangan angka penting,hasil diinyatakan memiliki 1 angka perkiraan dan 1 angka yang meragukan.Contoh 1,425+ 2,56 =3,985 dan hasilnya ditulis sebagai 3,99.
  6. Dalam perkalian dan pembagian ,hasil operasi diinyatakan dalam jumlah angka penting yang paling sedikit sebagaimana banyaknya angka penting dari bilangan-bilangan yang dioperasikan.Contoh : 3,25 x 4,005 =……
    1. i.      3,25 = mengandung 3 angka penting
    2. ii.      4,005 = mengandung 4 angka penting
    3. Jika dikalikan ,hasilnya diperoleh menjadi 13,01625 maka hasilnya ditulis menjadi 1,30 x 102.
    4. Batas jumlah angka penting bergantung dengan tanda yang diberikan pada urutan angka dimaksud.Misal : 1256 = 4 angka penting.

23 responses to “Besaran dan Satuan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s