Sinar Ungu( ultraviolet)


Gelombang mendengar kata itu pasti yang teringat dalam benak kita  adalah gelombang laut di pantai.Suatu pemandangan yang sangat indah jika kita bisa melihatnya dengan pemandangan yang ada.Namun kali ini pembahasan kita mengenai Gelombang Elektromagnetik.Pengertian dari gelombang elektromagnetik itu sendri adalah perubahan medan listrik dan medan magnet  yang merambat.

Perngertian di atas adalah hipotesis Maxwell yang kemudian dibuktikkan oleh Heinrich Rudolph Hertz.Karena gelombang elektromagnetik mengandung medan listrik dan medan magnetik,maka keduanya mempunyai persamaan gelombang.

Beberapa sifa-sifat gelombang elektromagnetik :

  • Dapat merambat dalam ruang hampa
  • Merupakan gelombang tranvesal,jadi dapat mengalami polarisasi
  • Dapat mengalami reflkesi,refraksi,interferensi,dan difraksi

Gelombang Elektromagnetik sangat banyak dijumpai di kehidupan kita sehari-hari.Contohnya pada cahaya tampak,gelombang radio,gelombang mikro,sinar inframerah,sinar-x,dan sinar gamma.

Sinar ultra violet( sinar ungu ) mungkin bagi para wanita tahu apa itu sinar ultarviolet.Sinar ultarviolet  adalah radiasi elektrogmagnetis terhadap panjang gelombang yang lebih pendek dari daerah dengan sinar tampak,namun lebih panjang dari sinar-X  yang kecil  Radiasi UV dapat dibagi menjadi hampir UV (panjang gelombang: 380–200 nm) dan UV vakum (200–10 nm). Dalam pembicaraan mengenai pengaruh radiasi UV terhadap kesehatan manusia dan lingkungan, jarak panjang gelombang sering dibagi lagi kepada UVA (380–315 nm), yang juga disebut “Gelombang Panjang” atau “blacklight“; UVB (315–280 nm), yang juga disebut “Gelombang Medium” (Medium Wave); dan UVC (280-10 nm), juga disebut “Gelombang Pendek” (Short Wave).

Beberapa hewan, termasuk burung, reptil ,dan serangga seperti lebah dapat melihat hingga mencapai “hampir UV”. Banyak buah-buahan, bunga dan benih terlihat lebih jelas di latar belakang dalam panjang gelombang UV dibandingkan dengan penglihatan warna manusia.

Sinar ultarviolet  sebenarnya dapat meninggkatkan pemebentukan melanin dalam kulit.Melanin adalah pigmen berwarna coklat yang berguna untuk melindungi kulit dari sinar matahari.Selain itu juga sinar ultarviolet  berguna untuk merusak DNA sel, baik sel bakteri, virus, jamur, bahkan sel mamalia, termasuk manusia. Kerusakan DNA akan memicu kematian sel. Hal ini bisa terjadi karena hampir semua aktifitas sel dikendalikan dari DNA.

Namun dibalik keunggulan sinar ultraviolet ada juga kerugiannya.Sinar ultraviolet dapat menyebabkan kanker kulit.Kanker kulit tejadi karena pengaruh sinar matahari yang berlebihan terhadap kulit .Jadi sinar ultraviolet hanya sebagia kecil saja menguntungkan bagi kita ,banyak kerugian yang kita dapatkan.Jika saat berjemur di pantai sebaiknya kita menggunkan tabir surya agar mencegah radiasi sinar matahari terhadap kulit kita.Sinar Ultraviolet juga termasuk dalam contoh spektrum dari gelombang elektromagnetik.Saya sengaja mengambil topik ini karena kejadian seperti yang sudah dipaparkan telah terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari.

4 responses to “Sinar Ungu( ultraviolet)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s