Suhu tubuh manusia pada saat udara dingin


Di dalam kehidupan  sehari-hari  kita  sudah tidak asing lagi mendengar kata ‘’suhu’’.Jika tingkat panas benda akan naik,maka benda itu dipanaskan dan akan turun bila didinginkan .Dari sini dapat simpulkan bahwa pengertian suhu adalah suatu benda ukuran relative panas dan dinginnya benda tersebut.Sebenarnya kita dapat merasakan suhu dalam keadaan dingin atau panas lewat indra peraba kita.Namun ,indra peraba kita tidak dapat mengukur suhu.Karena suhu mempunyai alat pengukur sendiri,yang sering kita sebut ‘’termometer’’.Tingkat panas benda diinyatakan dalam satuan derajat (o).Bentuk dari termometer berupa tabung kaca berskala yang didalamnya diisi zat cair.

Cara kerja termometer adalah ,jika suhu yang lebih tinggi ,zat cair dalam tabung memuai sehingga menunjuk angka yang lebih tinggi pada skala.Sedangkan pada suhu yang lebih rendah ,zat cair dalam tabung termometer menyusut sehingga menunjukkan angka yang lebih rendah pada skala.Termometer terbagi atas beberapa skala yang berbeda yaitu,Celcius,Reamur,Fahrenheit,Kelvin,dan satu lagi Rankine.

Di atas sekilas pembahasan mengenai suhu.Riset kali  ini saya mengambil topik apakah suhu badan pada manusia akan berpengaruh atau tidak terhadap udara disekitarnya .

Pada hari minggu tanggal 10 April 2010, saya iseng-iseng mengukur suhu tubuh saya ,kebetulan pada hari itu cuaca hujan  deras dari pagi hingga siang ,timbul ide saya untuk mengambil topik yang saya ambil ini.Dengan berbekal alat seadanya saya menggunakan termometer suhu badan milik ibu saya  yaitu termometer air raksa yang kebetulan bekerja di bidang kesehatan.Saya pun bertanya termometer ini digunakana dimana? Karena saya bingung ada termometer di gunakan diketiak,dimulut( oral ),dan pada rectal ( anus),ternyata yang saya pakai digunakan untuk di ketiak.Lalu saya pun memulai mengukur suhu tubuh saya sendiri apakah akan turun atau naik bila udara di sekitar kita berubah .

Pada percobaan ini udara dingin suhunya sekitar 27 derajat( dalam celcius)  sedangkan dalam Fahreinheit sekitar 53 derajat ,kebetulan di rumah saya mempunyai termometer untuk mengukur suhu ruangan atau kamar.Umunya suhu manusia berkisar 37,5 derajat  pada suhu normalnya.Setelah saya ukur beberapa  percobaan dengan waktu yang berbeda ternyata suhu badan saya yang normalnya 37,5 turun menjadi 37,0 sedikit turun.Jadi menurut saya udara disekitar sedikit berpengaruh juga terhadap suhu kita pada saat udara dingin.



3 responses to “Suhu tubuh manusia pada saat udara dingin

    • bedanya hanya dalam bagian yang menjadi thermometric property nya, sebenarnya raksa (bukan air raksa) dan alkohol memeiliki termometric property yang sama yaitu panjang, “thermometric property = suatu besaran yang berubah ketika suhu berubah” beda antara alkohol dan raksa adalah pada suhu minimum dan suhu maksimum yang dapat terukur. biasanya unutk suhu rendah di bawah 87 derajat celsius itu digunakan biasanya alkohol. karena di atas itu kalo gak salah alkohol sudah mwnguap. sedangkan raksa bisa lebih dari itu.

      • heheh bener mas,jika di suhu rendah digunakan alkohol,sedangkan untuk suhu tinggi itu air raksa yang bisa mencapai 1000 derajat celcius. thankz masukannya mas,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s