Pemuaian pada kabel dan jaringan telopon


Di SMP kita pernah mempelajari mengenai ‘’Pemuaian’’ dan juga telah kita ketahui bahwa setiap zat entah itu padat,cair,maupun gas disusun oleh partikel-partikel kecil yang bergerak.Namun pada umumnya suatu zat akan memuai jika dipanaskan dan menyusut jika didinginkan.Nah,dari sini kita sudah dapat menyimpulkan pengertian dari ‘’Pemuaian’’.Pemuaian adalah bila suhu suatu benda dinaikkan ,umumnya benda tersebut ( gas,padat,dan cair) akan memuai,dan bila suhunya diturunkan benda tersebut akan mengerut.Pemuaian terdiri dari ,Pemuaian pada zat padat( pemuaian panjang,luas,dan volume ),Pemuaian pada zat cair,dan Pemuaian pada zat gas.

Di kehidupan sehari-hari pun banyak contoh-contoh pemuaian.Seperti pada rel kereta api sengaja diberi sedikit ruang pada ruas-ruas rel kereta api,agar tidak terjadi desakan rel yang mengakibatkan rel mungkin menjadi bengkok akibat tidak adanya ruang untuk memuai.Kemudian pada bingkai jendela kaca ,dipasang renggang juga gunanya sama seperti prinsip pada rel kereta api tadi.

Tadi hanya sebagian dari pembahasan ‘’Pemuaian’’.Mari saya akan menjelaskan riset yang telah saya buat.Kali ini saya melakukan riset terhadap ‘’Pemasangan Jaringan Listrik dan Telopon disekitar kita.

Jujur pada awalanya saya baru tahu dan menyadari  mengapa pemasangan jaringan listrik dan telopon di sekitar saya sendiri di pasang kencang ( longgar ).Lalu saya pun mulai mempelajari mengenai riset saya kali ini.Beberapa kali say melakukan broswing di internet dan sedikit membaca buku,juga disertai sedikit pengamatan .

Pada saat saya sedang duduk santai di halaman rumah ,timbul terbesit dalam benak saya untuk mengamati kabel-kabel yang ada di depan rumah saya.Saya pun penasaran mengapa kabel-kabel tersebut di pasang longgar.Tanpa di sengaja lewat beberapa tukang bangunan yang kebetulan lewat depan rumah saya.Tukang itu kebetulan bekerja pada rumah saya yang dalam tahap menbangun rumah.Setelah berdiskusi agak lama saya pun mendapatkan jawaban yang selama ini membuat saya penasaran.Pengertiannya tidak jauh beda dengan saya lihat di internet ,dan buku mengapa pemasangan jaringan listrik dan telpon di pasang longgar.Jawabanya karena pada saat udara dingin panjang kabel listrik sedikit berkurang dan mengencang.Jika kabel tidak di pasang kendur atau longgar,maka pada saat terjadi penyusutan kabel  akan terputus .

Jika pada siang hari kabel akan membentang,kendur disebabkan terpaan sinar matahari.Sedangkan pada malam hari,kenduran akan berhenti sehingga kabel akan tampak lurus .Dari sini saya dapat dari rasa ketidaktahuan dan penasaran saya akhirnya menjadi riset say kali ini mengenai ‘’Pemuaian’’

2 responses to “Pemuaian pada kabel dan jaringan telopon

Tinggalkan Balasan

